Teks Berjalan

MARI MEMBIASAKAN YANG BENAR, BUKAN MEMBENARKAN YANG BIASA

Wednesday, September 12, 2018

Catatan Kecil Tentang Belajar

Apa itu Belajar ?
Belajar menurut Wikipedia adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperbuat/lakukan. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Belajar juga merupakan suatu pelatihan yang apabila seseorang ingin mencari tahu apa yang sebelumnya tidak ia ketahui dan pahami atau mempelajari sesuatu hal yang ia belum bisa lakukan, sehingga ia menjadi mengerti dan bisa mengerjakannya.

Selengkapnya
Seseorang bisa menjadi ahli dalam suatu bidang pekerjaan / profesi tertentu dikarenakan ia belajar dan berlatih terlebih dahulu. Belajar dan berlatih dengan tekun, sabar dan tidak cepat putus asa bila menemui kegagalan. Karena kegagalanpun merupakan salah satu kunci dari awal kesukesan. “Ala bisa karena Biasa”.
Definisi Belajar
Belajar merupakan suatu proses pencarian dan pelatihan, dimana aktivitas tersebut berasal dari perubahan melalui reaksi pada situasi yang ditemui.  Hal penting dalam belajar adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon. 
Sebagai contoh, stimulus adalah apa saja yang diberikan oleh guru kepada pelajar, sedangkan respon berupa reaksi atau tanggapan pelajar terhadap stimulus yang diberikan oleh oleh guru tersebut.
Proses stimulus dan respon yang terjadi di sekolah ini merupakan proses yang kita sebut kegiatan belajar mengajar.
Karakteristik Belajar
Setiap perilaku belajar selalu ditandai oleh perubahan yang spesifik. Karakteristik perilaku belajar ini dalam beberapa sumber antara lain menurut Surya (1982), disebut juga sebagai prinsip-prinsip belajar.
Perubahan khas yang menjadi ciri-ciri karakteristik perilaku belajar yang terpenting adalah ;
· Perubahan intensional
Yaitu perubahan yang terjadi dalam proses belajar adalah berkat pengalaman atau praktek yang dilakukan dengan sengaja dan disadari, dengan kata lain perubahan itu bukan suatu kebetulan.
· Perubahan positif dan aktif
Yaitu perubahan yang terjadi karena proses belajar yang bersifat positif dan aktif.  Artinya baik dan sesuai dengan harapan. Hal ini bermakna bahwa perubahan tersebut senantiasa merupakan penambahan pengetahuan atau memperoleh sesuatu yang baru ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.
· Perubahan efektif dan fungsional
Yaitu perubahan yang timbul karena proses belajar bersifat efektif dan berhasil guna. Sedangkan perubahan fungsional dapat diharapkan memberi manfaat yang luas. Perubahan efektif dan fungsional ini biasanya bersifat dinamis serta mendorong timbulnya perubahan positif lainnya.
Seorang pelajar belajar menulis, maka ia akan mampu menerangkan kata dan kalimat yang ia tuangkan ke dalam bentuk tulisan serta ia akan mampu membuat catatan, membuat surat bahkan ia mampu menyusun karya sastra / ilmiah.

Gaya Belajar
Learning Style atau gaya belajar adalah suatu karakteristik kognitif dan perilaku psikomotoris sebagai indikator yang bertindak, dan relatif stabil untuk pelajar dimana ia merasa saling berhubungan dan bereaksi terhadap lingkungan belajar.
Definisi gaya belajar menurut Drummond (1998;186), “an individual’s preferred mode and desired conditions of learning” (gaya belajar dianggap sebagai cara belajar atau kondisi belajar yang disukai oleh pelajar).
Senada dengan pendapat Willing (1998) yang mendefinisikan gaya belajar sebagai kebiasaan belajar yang disenangi oleh pelajar/pembelajar.

Dari semua penjelasan diatas dapat kita simpulkan secara sederhana bahwa  “belajar” adalah suatu usaha yang dilakukan seseorang dalam rangka menambah ilmu pengetahuan, wawasan serta keterampilan dengan tujuan untuk memperbaiki tingkah laku menuju ke arah yang lebih baik sesuai akidah.
Semoga tulisan sederhana ini dapat bermanfaat dan menjadi motivasi.

---oo0oo---

No comments:

Post a Comment